Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Dec 2, 2012 in Belajar PHP | 2 comments

Mencari Nilai Terbesar dari Kumpulan Bilangan menggunakan Array

Mencari Nilai Terbesar dari Kumpulan Bilangan menggunakan Array

Misalkan diberikan bilangan-bilangan berikut ini 9, 2, 10, 3, 7, 5, 2. Kita diminta membuat script untuk menampilkan bilangan terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.
Tentu kita tahu, dalam hal ini bilangan terbesarnya adalah 10. Nah… yang jadi masalah, bagaimana cara mendapatkan 10 tersebut sebagai bilangan terbesar bila dinyatakan dalam program.
Secara sekilas, kasusnya tampak sederhana namun ketika dinyatakan dalam program bisa jadi membuat pusing orang ☺
Untuk mencari nilai terbesar, kita gunakan konsep perbandingan.

Anda yang sudah berumur 17 tahun ke atas, mungkin tidak merasakan logika atau konsep ini karena Anda sudah banyak makan garam dalam masalah perhitungan sederhana seperti ini. Secara tidak sadar, ketika Anda diminta mencari bilangan terbesar, sebenarnya dalam pikiran Anda terjadi proses perbandingan tersebut beberapa kali. Namun, karena proses yang terjadi begitu cepat (seiring bertambahnya pengalaman dalam berpikir), maka proses ini seakan tidak terasa. Mungkin hal inilah yang kadang membuat para pembelajar program sering sulit mengekspresikan proses yang terjadi dalam pikirannya ke dalam bentuk program.
Tapi… sebenarnya tidak demikian, membuat program pada dasarnya mirip ketika Anda sedang mengajarkan konsep atau ide penyelesaian suatu kasus pada anak kecil yang sebelumnya belum tahu apa-apa. Kita harus bisa menyatakan setiap proses langkah demi langkah secara urut.
Nah… stop ber-intermezzo… Now.. back to the case.. ☺ Trus… idenya bagaimana untuk mencari bilangan terbesar?
OK.. idenya adalah, kita harus membuat asumsi terlebih dahulu. Kita asumsikan bilangan terbesar mula-mula adalah bilangan pertamanya. Selanjutnya bilangan terbesar asumsi ini kita bandingkan dengan setiap bilangan yang ada secara urut satu persatu. Jika
terdapat bilangan yang lebih besar dari bilangan terbesar asumsi, maka bilangan tersebut akan dianggap sebagai bilangan terbesar asumsi berikutnya. Dengan demikian setelah proses perbandingan selesai semuanya, maka akan kita peroleh bilangan
terbesar dari semua bilangan.
Contoh: dari kasus di atas, pertama kita asumsikan bilangan terbesarnya adalah bilangan pertama yaitu 9. Selanjutnya bilangan terbesar ini kita bandingkan dengan bilangan ke-1, yaitu 9. Karena 9 tidak lebih besar dari 9, maka bilangan terbesarnya tetap 9. Selanjutnya dibandingkan dengan bilangan ke-2, yaitu 2. Dalam hal ini 2 tidak lebih besar dari 9, maka bilangan terbesarnya tetap 9. Trus.. kita bandingkan dengan bilangan ke-3 yaitu 10. Nah… 10 lebih besar dari 9, maka bilangan terbesarnya sekarang menjadi 10. Proses ini dilanjutkan sampai dengan bilangan terakhir.


<?php
$bil = array(9, 2, 10, 3, 7, 5, 2);
$max = $bil[0];
for ($i = 0; $i <= count($bil)-1; $i++)
{
if ($bil[$i] > $max) $max = $bil[$i];
}

echo "Bilangan terbesarnya adalah : ".$max;
?> 

Sumber Tulisan dari : Rosihanari dan Ditulis ulang oleh : devprog.net

2 Comments

  1. makasih kaka

    • matama kaka

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>